Umpan Ikan Bandeng

Umpan ikan bandeng –¬†Ikan bandeng merupakan salah satu jenis ikan pangan yang mudah dijumpai dimana pun bahkan di pasar tradisional sekali pun. Meskipun ikan bandeng berasal dari perairan laut, namun ikan bandeng dapat dengan mudah dibudidayakan. Budidaya ikan bandeng dapat dilakukan pada air payau ataupun air tawar. Hal ini dikarenakan ikan bandeng mampu beradaptasi dengan perubahan kadar garam dengan cepat.

Tubuh ikan bandeng yang beragam dan rasanya yang enak, membuat ikan bandeng menjadi salah satu jenis ikan favorit untuk dikonsumsi. Meskipun ikan bandeng dapat dengan mudah dibeli di pasaran, namun tidak jarang pula banyak orang yang gemar mendapatkan ikan bandeng dengan cara memancingnya. Biasanya, ikan bandeng akan memakan umpan yang diberikan ketika memancing pada kedalaman 15 cm di atas permukaan air.

Umpan Ikan Bandeng Paling Jitu Dan Ampuh

Oleh karena itu, ada beberapa umpan ikan bandeng jitu yang biasa digunakan oleh para mancing mania ketika hendak memancing ikan bandeng. Umpan ikan bandeng tersebut bisa didapatkan secara gratis dan dibuat sendiri, diantaranya ialah:

1. Lumut Yang Dicampur Dengan Daun Pandan

Lumut memang dipercaya mampu menjadi umpan yang bagus untuk memancing ikan bandeng. Untuk menarik perhatian ikan bandeng terutama pada ikan yang berada di dalam tambak, umpan ini bisa dijadikan andalannya. Lumut halus yang disukai ikan bandeng dapat dicampurkan dengan daun pandan. Namun, sebelum dicampurkan dengan daun pandan, terlebih dahulu tambahkan lah air pada lumur lalu tambahkan garam dan bumbu seperti royco atau masako sebagai penambah rasa gurih. Baru lah setelah itu, agar mendapatkan umpan ikan bandeng tambak yang jitu tambahkan daun pandan sebagai penambah rasa sedap pada umpannya.

Baca juga: Umpan ikan keting

Selain dapat dicampurkan dengan daun pandan, lumut halus pun dapat digunakan begitu saja sebagai umpannya. Namun, lumut yang digunakan untuk memancing ikan bandeng harus benar benar memiliki tekstur yang halus. Jika tekstur yang dimiliki oleh lumut tersebut tidak halus, maka sebaiknya campurkan 2-5 sendok makan garam atau bumbu penyedap rasa lainnya agar tekstur lumut menjadi halus dan memiliki aroma yang sedap. Ikan bandeng memiliki selera yang sama seperti ikan lainnya, segerombolan ikan pasti akan tertarik dengan aroma aroma yang menyegat dan menarik perhatian mereka.

2. Pelet

Pelet merupakan salah satu pakan ikan yang mengandung nutrisi untuk memenuhi kebutuhan ikan. Ternyata, selain bisa digunakan sebagai pakan ikan, pelet juga bisa digunakan sebagai umpan memancing ikan, termasuk ikan bandeng. Meskipun pelet bisa digunakan sebagai umpan, akan lebih baik jika pelet dicampurkan dengan telur ayam agar mengandung bau amis yang digemari oleh ikan termasuk ikan bandeng. Seperti halnya pelet yang dicampurkan dengan essense tenggiri atau essense sarden. Pelet seperti itu juga bisa digunakan sebagai umpan yang jitu untuk memancing ikan bandeng.

Pelet merah pun bisa dijadikan sebagai umpan ikan bandeng. Untuk menggunakan pelet merah sebagai umpan, sebaiknya campurkan terlebih dahulu kuning telur bebek ke dalam pelet merah yang akan digunakan sebagai umpan. Bentuk pelet merah yang sudah diolesi kuning telur bebek sesuai bentuk yang diinginkan. Campuran kuning telur bebek dapat membuat pelet merah menjadi lebih lengket, tidak mudah larut di dalam air, dan memiliki bau amis yang menarik ikan bandeng untuk menghampiri umpannya.

3. Cacing

Selain menjadi makanan favorit ikan, cacing juga dapat digunakan sebagai umpan ikan bandeng air tawar. Keberadaan cacing yang mudah ditemukan di mana saja, membuat para mancing mania memilih untuk menggunakan umpan satu ini. Selain itu, cacing pun dapat dijadikan umpan untuk ikan lainnya. Konon katanya, jika ingin menjadikan cacing sebagai umpan, jangan sampai tubuh cacing terputus agar cepat mendapatkan ikan.

Meskipun terlihat sama, ternyata ada beberapa jenis cacing yang bisa menjadi pilihan sebagai umpan, yaitu cacing merah, cacing susu, cacing sawah, cacing hitam, dan cacing laut. Jenis cacing yang paling sering digunakan untuk memancing yaitu cacing merah. Cacing berwarna merah ini mudah ditemukan di alam terbuka dan juga tersedia di toko pakan ternak.

4. Udang Kecil

Selain cacing, pakan ikan yang bisa dijadikan sebagai umpan lainnya ialah udang kecil. Udang kecil yang merupakan pakan ikan alami bahkan di habitatnya, terbukti mampu menjadi umpan jitu termasuk umpan ikan bandeng. Bau amis alami yang dimiliki udang akan menjadi daya tarik sendiri bagi ikan bandeng untuk mendekatinya. Biasanya, udang yang digunakan ialah udang rawa.

Jika hendak memancing menggunakan udang sebagai umpannya, lebih baik ketahui dahulu tekniknya. Teknik yang bisa digunakan untuk umpan udang yang masih hidup yaitu melempar ke arah yang lebih jauh, agar udang tidak mati dan tidak lepas dari mata kail. Jika tempat yang akan digunakan untuk memancing ialah danau atau sungai, maka udang dimasukkan dari bagian bawah ke atas.

Baca juga: Umpan ikan belanak

5. Ursal dan Pelet Ikan

Ursal merupakan suatu ramuan yang terbuat dari bahan organik untuk meningkatkan produksi dan keaktifan ikan bandeng. Selain itu, ursal juga bisa digunakan sebagai umpan ikan bandeng air payau jika dicampurkan dengan pelet ikan. Ursal yang sudah ditaburkan ke dalam air dapat membuat ikan bandeng berkerumun, kemudian campurkan ursal dengan pelet ikan atau lumut halus untuk memikat ikan bandeng lebih kuat. Karena karakteristik ikan bandeng yang menyukai bau amis, pastinya kail pancingan akan disantap oleh kerumunan ikan bandeng di dalam air payau.

Di atas ialah lima umpan ikan bandeng jitu yang bisa digunakan oleh para mancing mania.

Tinggalkan komentar