Umpan Ikan Lele

Halo pembaca setia Eighsun, Siapa yang tidak tahu dengan ikan lele? Ikan dengan nama ilmiah Clarias ini sangat populer karena kumis yang ada di kepalanya. Selain itu, ikan lele juga tidak mempunyai sisik yang membuat tubuhnya sangat licin ketika disentuh.

Dagingnya yang enak dan gurih membuat ikan lele sering kali menjadi sasaran para mancing mania. Tentunya, supaya bisa mendapatkan hasil yang banyak ketika memancing ikan air tawar ini, maka kamu perlu menggunakan umpan ikan lele jitu yang terbukti ampuh. Beruntungnya, karena ikan lele merupakan jenis ikan predator, tersedia banyak sekali variasi umpan yang bisa kamu gunakan dan eksplor.

Sebenarnya sekarang berbagai toko pakan ikan sudah menyediakan umpan lele yang berupa pelet. Namun, meracik umpan sendiri akan lebih menghemat biaya. Di samping itu, kamu juga bisa menyesuaikan umpannya dengan kondisi dan kebutuhan. Berikut ini racikan-racikan dan cara membuat umpan ikan lele paling jitu.

Cara Membuat Umpan Ikan Lele

Ikan lele merupakan ikan omnivora atau pemakan segala. Hal tersebut sangat memudahkan pemancing untuk bisa mencoba berbagai resep umpan dan mendapatkan hasil yang cocok. Di samping itu, ikan lele juga ikan yang mudah terpancing oleh percikan air.

Habitat asli ikan lele adalah danau, sungai dan rawa-rawa. Namun tidak jarang juga ikan lele dapat ditemukan di selokan-selokan pinggir rumah. Apalagi kalau sedang musim hujan. Mudah beradaptasi dengan lingkungan memang merupakan salah satu kelebihannya.

Lagi-lagi, karena hal tersebut pemancing kembali diuntungkan karena bisa menemukan ikan lele di banyak tempat dan bisa menentukan lokasi pemancingan dengan mudah. Agar berhasil memancing ikan lele di mana pun tempatnya, kamu bisa menggunakan cara membuat umpan ikan lele jitu berikut ini.

Bahan:

  • Pelet 781-1 SP
  • Kuning telur yang telah direbus
  • Terasi
  • Bawang putih
  • Air hangat seperlunya

Cara membuat:

Pertama-tama campurkan semua bahan di atas pada wadah yang sama, lalu aduk sampai kenyal. Kamu bisa mengaduknya menggunakan blender atau cobek. Terakhir, usahakan agar adonannya kenyal dan tidak encer supaya tidak hancur ketika dimasukkan ke dalam air.

Umpan di atas merupakan yang paling sering digunakan para pemancing dan dinilai paling jitu. Untuk menyesuaikan dengan kondisi dan situasi lebih lanjut atau bahkan jenis lele spesifik yang ingin dipancing, kamu bisa menggunakan racikan-racikan umpan selanjutnya di bawah ini.

Baca juga: Umpan ikan nila

Umpan Ikan Lele Harian

Umpan ikan lele harian

Ikan lele merupakan ikan nocturnal atau yang lebih aktif di malam hari. Di siang hari, mereka cenderung lebih suka bersembunyi di dasar air atau tempat gelap. Selain itu, musim penghujan juga merupakan waktu di mana ikan lele melakukan pemijahan dan menyebar keluar dari sarangnya. Maka itulah saat-saat yang paling tepat untuk memancing ikan lele.

Berikut ini beberapa racikan umpan ikan lele harian yang direkomendasikan baik digunakan di kolam maupun di sungai.

1. Umpan Lele Harian Pertama

Cacing sudah sangat terkenal ampuh mampu memancing berbagai macam jenis ikan, termasuk ikan lele. Apalagi jika dipadukan dengan telur bebek. Penasaran? Berikut resepnya.

Bahan:

  • 1 butir kuning telur bebek
  • Cacing tanah seperlunya

Cara membuat:

Masukkan kuning telur bebek dan cacing tanah ke dalam satu wadah yang sama. Kemudian campur kedua bahan itu sampai saling tercampur dan merata. Sekarang diamkan adonannya kira-kira selama 2 sampai 3 jam. Hal ini dilakukan supaya aroma telurnya menempel pada cacing. Kalau sudah, kamu bisa langsung menggunakannya untuk memancing ikan lele secara harian.

2. Umpan Lele Harian Kedua

Selain cacing, salah satu hewan yang jitu dijadikan sebagai umpan lele adalah jangkrik. Di bawah ini racikan rahasia membuat umpan lele jangkrik.

Bahan:

  • 1 ons jangkrik
  • Cuka secukupnya
  • Essen probait

Cara membuat:

Bersihkan kaki dan sungut jangkrik terlebih dahulu. Selanjutnya masukkan jangkrik yang sudah bersih ke dalam suatu wadah. Tambahkan 30 tetes essen da juga 60 ml cuka. Terakhir campur sampai semua bahan merata dengan sempurna.

3. Umpan Lele Harian Ketiga

Racikan umpan yang ketiga ini cocok digunakan ketika memancing ikan lele di aliran sungai yang deras karena umpannya tidak akan mudah lepas dari kail pancing.

Bahan:

  • Kain bekas
  • Cacing sutera

Cara membuat:

Tempatkan secukupnya cacing sutera pada kain kecil yang telah disediakan. Berikutnya bungkus cacingnya dalam kain tersebut. Terakhir tinggal kaitkan umpan pada mata pancing.

4. Umpan Lele Harian Keempat

Resep umpan lele yang selanjutnya merupakan umpan lele siang hari. Seperti yang sudah dijelaskan di atas, lele cenderung kurang aktif dan kurang agresif di siang hari. Oleh karena itu, untuk menarik perhatiannya kamu perlu umpan yang bisa bergerak-gerak. Berikut bahan-bahan dan cara membuatnya.

Bahan:

  • 1 butir telur bebek
  • 1/2 sendok teh vanili
  • 1/2 sendok teh bubuk bawang putih
  • Pelet udang
  • Cacing sutera
  • Essen aquatic

Cara membuat:

Siapkan sebuah wadah dan masukkan semua bahan ke dalam wadah tersebut. Tambahkan essen sesuai dengan takaran yang dibutuhkan. Lalu campur dan aduk bahannya sampai menjadi adonan yang cukup kenyal. Selanjutnya kamu hanya perlu membentuk adonannya menjadi bulatan kecil sesuai dengan ukuran kail pancing.

5. Umpan Lele Harian Kelima

Bagi kamu yang sering sekali menemukan laron di sekitar lingkungan rumah, kamu bisa menangkap dan memanfaatkan laron-laron tersebut menjadi umpan lele harian di malam hari.

Bahan: Laron yang masih bersayap

Cara membuat:

Cukup tangkap dan kumpulkan laron sebanyak-banyaknya. Namun, pastikan kamu tidak menghancurkan sayapnya. Tancapkan laron yang sudah ditangkap ke kail pancing yang akan digunakan memancing ikan lele.

6. Umpan Lele Harian Keenam

Daging sapi memiliki aroma yang cukup menyengat. Maka dari itu, daging sapi cocok sekali untuk digunakan sebagai umpan memancing ikan lele di malam hari.

Bahan:

  • Daging sapi
  • Essen aquatic

Cara membuat:

Haluskan daging sapinya terlebih dahulu menggunakan blender. Setelah itu, tambahkan beberapa tetes essen aquatic dan campur sampai merata.

7. Umpan Lele Harian Ketujuh

Apabila kamu kesusahan dan merasa kesulitan untuk mendapatkan daging sapi murni, maka kamu bisa menggunakan alternatif daging sapi kaleng. Berikut resep rahasia cara membuat umpan lele harian menggunakan daging sapi kaleng.

Bahan:

  • Daging sapi kaleng
  • Essen tenggiri

Cara membuat:

Sediakan suatu tempat atau wadah untuk mengaduk adonan. Buka dan taruh daging sapi kaleng di dalamnya. Campurkan 5 tetes essen tenggiri. Tunggu sampai 30 menit. Kalau sudah, bentuk bulat-bulatan kecil yang sesuai dengan ukuran mata pancing.

8. Umpan Lele Harian Kedelapan

Jangkrik tanpa sayap bisa digunakan sebagai umpan untuk memancing ikan lele dumbo di malam hari. Tertarik mengetahui resepnya? Baca di bawah ini.

Bahan: Jangkrik tanpa sayap

Cara membuat:

Kumpulkan jangkrik yang sudah tidak ada sayapnya. Kemudian tekan-tekan perutnya sampai ada cairan yang keluar dari perutnya tersebut. Cairan yang keluar itu akan menghasilkan aroma yang dapat menarik perhatian ikan lele. Sekarang pasangkan jangkrik yang sudah beraroma ke kail pancing.

9. Umpan Lele Harian Kesembilan

Mungkin jarang ada orang yang menggunakan kepiting sebagai umpan untuk memancing ikan lele. Namun, para pemancing yang tinggal di daerah pesawahan banyak yang menggunakan umpan ini.

Bahan: Kepiting sawah atau kepiting laut

Cara membuat:

Rebuslah kepiting sawah atau kepiting laut yang kamu dapat sampai benar-benar matang. Jika sudah, ambil dagingnya dan potong kecil-kecil tergantung ukuran kail pancing. Langkah terakhir, pasangkan dagingnya itu pada kail pancing.

10. Umpan Lele Harian Kesepuluh

Umpan lele yang berikutnya bisa kamu coba gunakan untuk memancing ikan lele dumbo di kolam pemancingan.

Bahan:

  • 1 pelet udang
  • 1 butir telur bebek
  • 1/2 sendok teh bubuk bawang
  • 1/2 sendok vanili
  • Cacing sutera seperlunya

Cara membuat:

Pertama masukkan dulu cacing sutera ke dalam sebuah wadah. Lalu tambahkan bahan-bahan lainnya yang berupa bubuk abwang, pelet udang, telur bebek dan vanili. Campurkan semua bahan sampai merata sempurna.

11. Umpan Lele Harian Kesebelas

Makanan-makanan yang sehari-hari kita konsumsi ternyata bisa juga dijadikan umpan lele, lho. Di antaranya adalah mie instan dan keju.

Bahan:

  • Mie instan
  • 1 lembar keju
  • 1 butir telur ayam
  • Usus ayam secukupnya

Cara membuat:

Hancurkan mie instan sampai halus menggunakan blender. Setelah itu, kukus usus ayam sampai benar-benar masak dan haluskan menggunakan blender. Terakhir campurkan semua bahan menjadi 1 adonan sampai tercampur rata.

12. Umpan Lele Harian Keduabelas

Racikan umpan di bawah ini juga tidak kalah ampuh untuk digunakan memancing ikan lele dumbo baik yang ada di kolam maupun yang liar.

Bahan:

  • Belut
  • Essen udang atau belut

Cara membuat:

Siapkan beberapa ekor belut. Lalu bakar atau kukus belut tersebut sampai matang. Kemudian iris kecil-kecil mengikuti ukuran mata kail pancing. Selanjutnya tambahkan essen udang atau belut dan campurkan sampai merata. Agar essen terserap secara sempurna oleh daging belut, biarkan adonan selama kurang lebih 30 menit. Kalau sudah, tinggal pasangkan daging belut yang telah dipotong kecil-keicl itu ke mata pancing.

Umpan Ikan Lele Galatama

Umpan ikan lele galatama

Ikan lele galatama merupakan ikan lele yang berukuran besar atau jumbo. Tentunya kamu memerlukan umpan khusus supaya bsia memancing perhatian ikan lele galatama dan mendapatkannya. Umpan-umpan lele galatama bisa dibilang sangat spesifik dan berbeda dari ikan lele pada umumnya. Untuk lebih lanjutnya, berikut ini beberapa racikan rahasia umpan ikan lele galatama.

1. Umpan Lele Galatama Pertama

Memancingikan lele memang cukup sulit, akan tetapi juga mengasyikan. Supaya bsia memancing ikan lele galatama dengan mudah, kamu patut mencoba resep yang satu ini.

Bahan: Sarang tawon

Cara membuat:

Sediakan sebuah sarang tawon yang sudah terdapat madu di dalamnya. Lalu pisahkan anak tawon atau kepompong dari sarang tersebut. Sesudah itu, tumbuk halus sarang tawonnya karena nantinya akan dijadikan sebagai umpan tabur atau bom. Pasang kepomong atau anak tawonnya pada mata pancing yang akan berperan sebagai umpan utama.

2. Umpan Lele Galatama Kedua

Umpan berikutnya disebut-sebut sebagai umpan paling ampuh ikan lele galatama. Karena, tidak tanggung-tanggung, bahan utamanya adalah ayam.

Bahan: Ayam tiren

Cara membuat:

Bakar ayam tiren sampai seluruh tubuhnya matang. Bila sudah, kamu pisahkan tulang dan dagingnya. Tulangnya kamu tumbuk halus untuk dijadikan umpan bom. Sementara dagingnya kamu simpan pada wadah tertutup dan campur dengan sedikit tumbukan tulang tadi. Tunggu sampai kurang lebih selama 3 hari agar mengeluarkan bau busuk.

3. Umpan Lele Galatama Ketiga

Dan umpan lele galatama yang terakhir adalah ikan bandeng. Racikan ini menggunakan bahan utama ikan untuk memancing ikan. Tertarik mendengarnya? Berikut racikannya.

Bahan: Ikan bandeng yang masih segar

Cara membuat:

Ambil jeroan yang ada pada ikan bandeng segar. Kemudian taruh jeroan pada wadah tertutup selama 1 minggu penuh. Barulah umpan lele galatama jitu siap digunakan.

Umpan Ikan Lele Jitu

Sesuai dengan jenis makanan ikan lele yang bermacam-macam dan bervariasi, umpannya pun sangat beraneka ragam. Namun, dari sekian banyaknya umpan lele, berikut beberapa umpan ikan lele yang paling jitu.

1. Umpan Lele Jitu Pertama

Umpan yang pertama tepat digunakan untuk ikan lele master yang ada di sungai atau perairan sungai. Berikut di bawah ini resep rahasianya.

Bahan:

  • Pelet PF 1000
  • Kuning telur ayam
  • Madu murni
  • Air hangat
  • Terasi udang

Cara membuat:

Siapkan sebuah wadah dan campurkan semua bahan di atas pada wadah tersebut. Aduk terus semua bahan sambil sedikit-sedikit menambahkan air hangat. Kalau adonan sudah menjadi kenyal, diamkan selama seitdaknya 1 jam. Sesudah itu, bentuk adonannya menjadi bulat-bulat kecil sesuai ukuran mata pancing.

2. Umpan Lele Jitu Kedua

Bagi kamu yang sampai sekarang merasa sulit sekali memancing ikan lele, cobalah resep rahasia umpan lele jitu yang satu ini.

Bahan:

  • 2 ons daging sapi segar
  • 1 sendok makan mentega

Cara membuat:

Gunakan blender untuk menghaluskan daging sapi. Kemudian masukkan daging sapi yang sudah halus ke dalam wadah. Tambahkan menteganya dan aduk sampai kedua bahan tersebut tercampur rata.

3. Umpan Lele Jitu Ketiga

Cobalah racikan umpan lele berikut ini untuk memancing di sungai pada saat siang hari. Kamu pasti akan puas dengan hasilnya.

Bahan:

  • Pelet 48
  • Daging ayam yang ada di bagian sayap
  • Terasi udang

Cara membuat:

Rebus daging sayap ayamnya terlebih dahulu sampai matang. Kalau sudah, blender supaya halus. Lalu tambahkan terasi udang dan pelet 48. Campurkan semua bahannya sampai merata.

4. Umpan Lele Jitu Keempat

Apabila ingin memancing ikan lele master liar di habitat aslinya, jangan pernah menggunakan umpan sembarangan. Gunakanlah racikan rahasia umpan yang keempat ini.

Bahan:

  • Kuning telur ayam
  • Pelet PF 1000
  • Pelet 781-2 SP
  • Terasi udang
  • Tepung udang
  • Tepung ikan
  • Bawang putih
  • Essen jawara

Cara membuat:

Persiapkan wadah dan masukkan semua bahan di atas ke dalam wadah tersebut. Sambil mengaduk adonan, tambahkan air hangat sedikit demi sedikit. Aduk adonan sampai kental dan merata. Terakhir, bentuk adonannya menjadi bulatan kecil sesuai ukuran kail pancing.

5. Umpan Lele Jitu Kelima

Umpan yang kali ini lebih ampuh digunakan pada ikan lele babon berukuran besar. Berikut bahan-bahan dan cara meraciknya.

Bahan:

  • Kuning telur ayam
  • Pelet ikan
  • Terasi udang
  • Bawang putih
  • Air secukupnya

Cara membuat:

Kamu rebuslah terlebih dulu kuning telur ayamnya sampai masak. Berikutnya haluskan beberapa siung bawang putih. Sekarang masukkan pelet ikan, kuning telur ayam dan bawang putih yang sudah dihaluskan pada wadah yang sama. Sembari menambahkan air pelan-pelan, campur semua bahan tersebut. Aduk hingga adonannya mengental dan sudah tidak terlalu encer lagi. Bentuk adonannya sesuai dengan ukuran mulut ikan lele babon yang ingin dipancing.

6. Umpan Lele Jitu Keenam

Selain racikan umpan di atas, racikan umpan keenam ini juga cukup ampuh untuk memancing ikan lele babon.

Bahan:

  • Pelet udang
  • Terasi udang
  • Hati ayam
  • Kuning telur ayam
  • Bawang putih
  • Madu murni
  • Air hangat secukupnya

Cara membuat:

Rebus hati ayam sampai masak dan hancurkan hati ayamnya sampai cukup lembut. Selanjutnya campurkan bahan-bahan di atas pada wadah yang sama. Kemudian aduk semua bahannya sambil menuangkan air hangat dikit-dikit hingga adonan mengenyal. Kalau sudah, tinggal bentuk adonannya kecil-kecil sesuai dengan mata pancing.

Umpan Ikan Lele Liar

Umpan ikan lele liar

Untuk memancing ikan lele liar di habitat aslinya, maka jenis umpan yang disarankan adalah umpan-umpan alami. Umpan alami ini dapat berupa tumbuhan atau hewan-hewan kecil yang bisa ditemukan di lingkungan sekitar. Berikut di bawah ini beberapa umpan ikan lele liar dari bahan-bahan alami.

  • Cacing tanah
  • Cacing sutera
  • Cacing kalung
  • Ikan kecil
  • Udang
  • Ikan teri
  • Kodok kecil
  • Laron
  • Jangkrik
  • Keong
  • Bekicot
  • Kroto
  • Kerang
  • Belalang
  • Tawon
  • Belatung
  • Belut
  • Ulat daun pisang

Sementara itu, apabila di lokasi pemancingan ikan lele liar yang kamu tempati airnya cukup keruh, maka kamu hanya perlu mengganti bahan umpannya dengan yang lebih menyengat aromanya. Berikut ini resep umpan memancing ikan lele di air keruh.

Bahan: Darah beku (marus) sapi atau ayam

Cara membuat:

Sediakan darah ayam atau sapi yang masih segar. Biarkan dulu selama beberapa menit sampai darahnya menggumpal atau membeku dan menjadi marus (darah beku). Berikutnya potong kecil-kecil darahnya sesuai dengan ukuran kail pancing. Terakhir pasangkan umpan darah beku pada kail.

Umpan Ikan Lele Kolam

Umpan ikan lele kolam

Ikan lele yang ada di kolam pemancingan biasanya tidak seagresif ikan lele di alam liar. Tapi, enaknya kamu tidak perlu bahan-bahan umpan yang rumit, cukup sederhana saja. Berikut racikan umpan terahir, umpan ikan lele kolam.

Bahan:

  • 1 butir kuning telur ayam
  • Bawang putih
  • Pelet ikan 781-1 SP
  • Air seperlunya

Cara membuat:

Rebus kuning telur ayamnya sampai masak. Setelah itu, campurkan dengan semua bahan-bahan di atas pada wadah yang sama. Aduk semuanya sampai merata sambil sedikit-sedikit menambahkan air hingga adonannya kenyal. Pastikan agar adonannya cukup kenyal dan tidak encer supaya tidak mudah hancur ketika berada di dalam air.

Sekian 25 resep umpan ikan lele yang bisa direkomendasikan kali ini. Apakah ada resep-resep di atas yang sudah kamu coba? Kalau belum sama sekali maka kamu patut mencobanya. Coba pilih salah satu racikan umpan dan lakukan penyesuaian lebih lanjut lagi sesuai dengan kondisi dan situasi memancing kamu.

Kamu bahkan bisa membuat racikan rahasia baru dengan mengembangkan racikan-racikan yang sudah ada di atas. Semoga kamu bisa mendapatkan banyak ikan lele dengan menggunakan umpan yang sudah direkomendasikan tadi. Salam Mancing Mania! Referensi: https://id.wikipedia.org/wiki/Lele

Tinggalkan komentar